Categories
Uncategorized

Cara Ruqyah Mandiri sesuai Syariat Islam

herokickstartnigeria.org – Ruqyah bukan hanya pengobatan untuk pasien dengan gangguan jin atau terkena sihir. Namun ruqyah juga dapat digunakan untuk menghindarkan diri dari segala jenis penyakit serta menyembuhkannya. Cara melakukannya adalah dengan membaca ayat-ayat Al-Qur’an dan dzikir.

Ruqyah biasanya dilakukan oleh ustadz atau peruqyah Akan tetapi, Anda masih bisa melakukannya sendiri, loh. Lalu kapan waktu yang tepat untuk melakukan ruqyah? Anda bisa melakukannya ketika merasa mengalami gangguan, sedang sakit, malas ibadah, dan lain sebagainya.

Tata cara meruqyah diri sendiri

Sebelum melakukannya, ada baiknya untuk melakukan beberapa adab terlebih dahulu. Berikut ini beberapa adab yang bisa Anda terapkan :

  1. Suci dari hadas baik besar maupun kecil.
  2. Yakini dalam hati jika kesembuhan berasal dari Allah.
  3. Berwudhu.
  4. Mengikhlaskan niat hanya kepada Allah. 

Setelah menerapkan adab-adabnya, inilah cara ruqyah mandiri menurut syariat Islam :

  1. Awali dengan sholat taubat atau hajat sebanyak 2 rakaat. 
  2. Tengadahkan tangan dan baca Basmallah.
  3.  Bacalah ayat-ayat Al-Qur’an dengan niat siapa yang ingin diruqyah. 

Beberapa bacaan ruqyah mandiri adalah surat Al-Fatihah, surat Al- Falak, Surat Al-Ikhlas, surat Annaas, dan Ayat Kursi (Surat Al-Baqarah : 255).

  1. Tiupkan ayat di atas pada kedua tangan dan air.
  2. Lalu usapkan tangan ke seluruh tubuh. 
  3. Minum air yang sudah ditiupkan ayat-ayat tersebut. 
  4. Setelah itu, bertawakal kepada Allah atas segala kesembuhan. Jangan lupa untuk senantiasa menjauhi larangan dan menjalankan perintah Allah swt. 

Saat ada bagian tubuh merasakan sakit

Bagi Anda yang ingin meruqyah diri sendiri atau teman dengan mandiri, dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Letak-kan telapak tangan pada bagian tubuh yang sedang sakit. Baca Basmallah tiga kali. 
  2. Kemudian bacalah doa di bawah ini.

“A’udzu bi izzatillahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhadziru”. Doa ini dibaca hingga tujuh kali. 

Meruqyah sebelum tidur

Selain bisa mengobati penyakit dan gangguan jin, metode penyembuhan ini dapat dilakukan sebagai perlindungan diri. Misalnya saja saat sedang tidur. Anda dapat melakukannya dengan menengadahkan tangan lalu membaca surat Al-Ikhlas, An-Naas, dan Al-Falaq masing-masing sebanyak tiga kali, kemudian tiupkan pada kedua tangan. 

Selanjutnya Anda dapat mengusapkan telapak tangan ke seluruh tubuh mulai dari rambut hingga kaki asalkan mampu dijangkau. Aktivitas ini dapat diulang sebanyak tiga kali. Pelaksanaan sebelum tidur ini dinilai sebagai waktu terbaik. 

Saat sedang terluka 

Biasanya apabila sedang terluka, Anda akan mengobatinya dengan pengobatan medis. Namun Anda dapat melakukan ruqyah sebagai penyembuhannya. Ambil ludah di ujung jemari, letakkan di tanah, kemudian campurkan ludah dengan tanah di bagian luka. Lakukan sambil membaca doa. 

Baca Juga : Cara Logout Gmail Di Laptop Terlengkap

Nah itulah cara ruqyah mandiri yang bisa dilakukan di rumah sekalipun. Jangan lupa untuk selalu berserah diri pada kesembuhan yang diberikan oleh Allah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *