Categories
Uncategorized

Cara Membuat Flashdisk Bootable Windows 7

herokickstartnigeria.org – Pada sebuah proses install ulang di perangkat computer atau laptop, memang membutuhkan beberapa media penginstalan seperti CD/DVD. Namun media CD/DVD tersebut sudah lama ditinggalkan,karena laptop di era modern dengan tipe terbaru, lebih mengusung body yang slim. Alhasil para pabrikan laptop ternama saat ini sudah tidak menyertakan media instalasi CD berupa CD room.

Menyangkut hal tersebut, kini sudah banyak orang yang lebih memilih media penginstalan lain, dan berkesan lebih mudah untuk digunakan. Seperti halnya perangkah Flashdisk atau flask drive yang lebih berkesan fleksibel ketimbang media penginstalan sebelumnya. Lantas bagaimana cara membuat bootable flashdisk untuk keperluan install ulang perangkat windows?

Membuat Flashdisk Bootable Untuk Install Ulang Windows 7

Pertama-tama kita memerlukan salah satu aplikasi, dimana aplikasi tersebut akan berfungsi sebagai sarana pembuatan bootable. Mungkin Anda bisa menemukan banyak sekali aplikasi semacam itu di website penyedia aplikasi desktop. Aplikasi yang dimaksud seperti halnya Rufus, Power ISO, Nero, dan beberapa aplikasi lainnya.

Namun dari beberapa aplikasi yang ada saya menyarankan Anda untuk menggunakan Rufus, karena seting dan cara penggunaannya yang terbilang simple. Sehingga dengan aplikasi ini kita tidak akan terbingungkan dengan cara kerjanya. Sebab fungsi utama dari App Rufus adalah untuk keperluan membuat bootable pada perangkat USB Flash.

Disamping itu rufus juga dapat digunakan untuk media instalasi USB maupun ISO bootable, untuk keperluan instalasi Linux, Windows, Uefi System, dan lain sebagainya. Masuk ke topik utamanya, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan seperti halnya flashdish, file instalasi windows 7, dan aplikasi utama yang akan digunakan dalam pembuatan flash boot, yakni Rufus.

  1. Download dan Install aplikasi Rufus

Pertama-tama kita perlu mendownload kemudian install aplikasi Rufus pada perangkat laptop maupun Pc Anda. Anda bisa mencarinya di internet, kemudian install aplikasi tersebut,sesuai dengan arahan dan langkah-langkah yang dianjurkan. Jika berhasil terinstall, maka langkah selanjutnya buka aplikasi tersebut dengan cara “Run Administrator”.

  1. Jalankan Rufus

Setelah aplikasi terbuka, kini kita hanya tinggal melakukanpembuatan flash boot. Namun perlu diketahui bahwa flashdisk harus benar-benar tertancap dan siap untuk digunakan. Mengenai flashdisk yang akan Anda pergunakan, usahakan memiliki kapasitas runag yang lebih dari 8 GB, atau bisa lebih. Karena kapasitas tersebut stAndard minimal untuk perangkat instalasi windows 7.

  1. Langkah Kerja

Setelah rufus berhasilmendeteksi perangkat flashdisk Anda, maka kita tinggal mengatur seting yang ada pada aplikasi tersebut. Mulai dari memasukan file instalasi windows 7. Caranya sangat mudah kita hanya tinggal mengeklik pada bagian “select”, lalu kemudian akan dibawa ke jendela baru. Kemudian bawa pada penyimpanan fileinstalasi windows 7 Anda.

  1. Beri Nama Volume Label

Untuk langkah terakhir kita tinggal menentukan nama volume yang sesuai dengan keinginan Anda.setelah semua persiapan selesai, kita hanya perlu mengeklik START. Dan kemudian prosesinstalasi akan berjalan sampai selesai.

Baca Juga : Cara Mengatasi Korupsi di Indonesia Secara Efektif

Itulah beberapa cara membuat bootable flashdisk untuk keperluan install ulang windows7 pada perangkat laptop maupun PC Anda. Dan pembuatan bootable sukses dan sudah bisa Anda pergunakan untuk melakukan instalasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *