Categories
Uncategorized

Cara Mengatasi Korupsi di Indonesia Secara Efektif

herokickstartnigeria.org – Korupsi merupakan salah satu tindakan yang menyalahi kewenangan serta merugikan negara. Masalah korupsi ini menjadi salah satu masalah besar di Indonesia yang sulit diatasi secara tuntas. Memberikan imbalan atau hadiah dan menerima gratifikasi merupakan salah salah satu praktik korupsi yang banyak ditemukan di Indonesia.

Cara Mengatasi Korupsi di Indonesia Secara Efektif
Cara Mengatasi Korupsi di Indonesia Secara Efektif

Lalu, bagaimana cara mengatasi korupsi yang kini sudah mengakar pada budaya masyarakat? Untuk mengatasinya, maka harus mengetahui penyebab-penyebab dari korupsi terlebih dahulu. Berikut ini beberapa penyebab utama dari tindakan korupsi.

 Penyebab dari Korupsi

  1. Hukuman ringan bagi para koruptor
  2. Pejabat serakah
  3. Pengawasan kurang efektif
  4. Aturan hukum yang tidak berjalan
  5. Kurangnya keteladanan bagi pemimpin
  6. Kurang tepatnya sistem penyelenggaraan negara
  7. Budaya masayarakat yang sudah mengakar

Langkah-Langkah Memberantas Korupsi

Ada beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk memberantas masalah korupsi di Indonesia, diantaranya adalah:

  1. Memberikan hukuman berat kepada koruptor

Memberikan sanksi dan hukuman berat bagi para koruptor akan memberikan efek jera. Tidak hanya itu saja, akan tetapi juga memberikan pelajaran bagi semua kalangan sehingga tidak melakukan tindakan tersebut. Hal ini tidak hanya diterapkan untuk pemerintahan saja, akan tetapi juga di lingkungan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Membangun kehidupan moral sejak dini

Pendidikan moral harus diberikan sejak dini, karena merupakan suatu pondasi kuat untuk membangun karakter seseorang. Dengan pendidikan moral yang berkualitas, maka seseorang tidak akan mudah tergiur dengan praktik korupsi. 

Orang yang bermoral baik maka akan berlaku adil, aman, berintegritas dan juga bermartabat. Karena mereka menyadari bahwa tindakan korupsi dapat merugikan orang lain.

  1. Menanamkan nilai religius dengan lebih intensif

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa menanamkan nilai-nilai religius sejak dini mampu berperan sebagai salah satu pemberantas korupsi. Karena dalam setiap agama mengajarkan perbuatan yang baik. maka dari itu, orang yang beriman akan terhindar dari perilaku korupsi.

  1. Menjadi pemimpin yang memiliki integritas

Sebagai pemimpin yang bertanggung jawab maka harus memberikan contoh kepada anggotanya. Jika seluruh pemimpin yang ada di suatu negara, pemerintahan maupun perusahaan tidak melakukan praktik korupsi. Maka hal ini juga dapat menghalangi para anggotanya untuk melakukan tindakan tersebut. 

  1. Memanfaatkan kecanggihan teknologi

Dengan adanya teknologi digital yang berkembang pesat saat ini, maka dapat dimanfaatkan untuk mempermudah sistem birokrasi pada perusahaan, bisnis ,lembaga pendidikan sampai dengan pemerintahan negara. 

Kecanggihan teknologi sekarang ini bisa dimanfaatkan untuk memantau segala aktivitas, sehingga dapat meminimalisir tindakan kecurangan.

  1. Meningkatkan supremasi hukum

Untuk menegakkan suatu keadilan, maka dibutuhkan kekuatan hukum. Pada saat hukum tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka kepercayaan masyarakat pun akan hilang. Dengan dibangunnya supremasi hukum yang kuat, maka masyarakat tidak akan menemukan celah-celah untuk melakukan tindakan korupsi. 

Lalu, bagaimana cara membangun supremasi yang kuat? Pemerintahan harus memberikan hukuman yang adil tanpa pilih kasih, dengan begitu maka manusia akan jera terhadap hukum.

  1. Menutup rapat celah internasional

Langkah terakhir untuk memberantas koruptor di negara ini yaitu dengan menutup secara rapat celah internasional. Karena banyak sekali pelaku koruptor yang menyembunyikan asetnya di negara lain. Dengan memberlakukan peraturan tersebut maka pelaku koruptor menjadi lebih mudah dilacak.

Baca Juga : Mengatasi Kondisi Lemot Pada Ponsel Atau Smartphone

Dengan menerapkan 7 cara mengatasi korupsi yang telah dibahas di atas, maka dapat memberikan hasil yag maksimal. Sehingga akan terwujud negara yang damai dan sejahtera. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *